Selasa, 20 Maret 2012

Konsep Dasar Komputer

Secara prinsip sebuah komputer selalu memiliki sebuah konsep dasar, yaitu memiliki peralatan yang disebut sebagai input denice, central procesing unit, output device dan external memory.

Central processing unit (CPU)

Central processing unit (CPU) berfungsi sebagai pemegan kendali jalannya kegiatan komputer. CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. CPU merupakan tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data, di antaranya mencatat, melihat, membaca, mengingat, memmbandingkan, menghitung, dan mengurutkan.
Dalam bekerja, fungsi CPU terbagi menjadi :
  •   Internal memory/main memory, berfungsi untuk menyimpan data dan progam.
  •   ALU (arithmatic logical unit), untuk melaksanakan berbagai macam perhitungan
  •   Control unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi komputer.
CPU juga disebut sebagai mikroprosesor. Dalam bekerja,mikroprosesor di pengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan frekuensi kerjanya. Kapasitas bit untuk mikroprosesor ada 8 bit, 16 bit, 32 bit,  dan 64 bit. Semakin tinggi bit yang dimiliki, semakin cepat pula kecepatan prosesnya. Faktor lain yang mempengaruhi adalah frekuensi kerja komputer. Semakin tinggi frekuensi yang dimilikinya, semakin tinggi pula kecepatan memprosesnya.

Input device

Input device merupakan peralatan yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Input device yang dimilki oleh komputer bisa dianalogikan ke input device pada manusia.
Mata manusia juga bisa diartikan sebagai salah satu input device yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam otak manusia. Membaca bisa diartikan sebagai memasukka data (ke dalam otak manusia) melalui mata.

Output device

Output device merupakan peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU ke dalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses. Output device yang dimilki oleh komputer bisa dianalogikan ke output device manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, menulis merupakan suatu cara untukmengelurakan hasil pemikiran ke dalam suatu media sehingga bisa dibaca oleh manusia. Media yang dipergunakan untuk menulis bisa berupa kertas atau bentuk lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar